Kecacadan pelajar dan game online

     Di jaman sekarang internet sudah semakin berkembang,salah satunya adalah kehadiran GAME ONLINE.
Banyak pengaruh yang diakibatkan oleh game online pada seorang anak..



Salah satunya adalah:

-->Candu game online  :  Game online dirasa cukup mengganggu prestasi belajar dikarenakan permainan pada game online bersifat adiktif,pemain yang umumnya pelajar dan masih berusia cukup muda biasanya belum mengerti tanggung jawab,sehingga mereka akan lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain daripada belajarnya....Disaat pulang sekolah misalnya,waktu yang harusnya digunakan untuk berisitirahat malah dihabiskan di depan komputer dan larut menghabiskan waktu untuk game,akibatnya saat akan belajar,fisik mereka sudah lelah,entah mata maupun otak karena game tersebut dominan merangsang ketegangan dan fokus...

Ada pula pelajar,yang rela menghabiskan waktu termasuk jam tidurnya untuk bermain sampai pagi,istilah yang dipakai di warnet biasanya adalah "paket malam",bisa kita buktikan sendiri bila semakin malam warnet akan semakin ramai,karena harga juga semakin murah...pelajar yang berkantong sempit dan sudah kecanduan pun mau tidak mau akan lebih memilih untuk bermain di malam hari meskipun besok masih harus bersekolah...
CACAD!!!

Bahkan karena kecanduan,tidak punya uang dan ingin bermain...Sama halnya dengan hal adiktif lainya,seorang pelajar nekad melakukan kriminal..






Di atas adalah kerugian yang terlihat dari luar,bagaimana dengan kerugian intern alias efek buruk untuk tubuh si pemain...

Dampak terhadap tubuh

1. Kulit dan rambut
Bermain game online yang dilakukan dalam ruangan membuat tubuh anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari. Sementara sinar matahari pagi mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh, misalnya untuk kulit dan rambut. Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan dan menyegarkan tubuh. Berbeda dengan sinar matahari di sore hari yang hanya akan membakar kulit.

2. Mata
Pengaruh radiasi dari layar monitor bisa melelahkan mata. Apalagi didukung oleh efek cahaya yang ditampilkan dalam sebuah game. Dalam satu kali penglihatan, efek cahaya yang bisa terjadi bisa mencapai ratusan. Ini biasanya bisa menyebabkan perut mual jika kita terus memaksa mata melihat ke layar TV atau monitor. Dan dengan kurangnya pencahayaan dalam ruangan, ini akan menjadi semakin buruk. Walaupun kenampakan efek-khusus dalam game lebih jelas, namun ini akan menjadikan mata lebih cepat lelah. Anda harus menjaga jarak dari layar monitor, dan istirahatkan mata sebelum dan setelah bermain game dalam waktu yang cukup lama.

3. Hidung
Sering sekali ketika bermain game online kita tidak peduli tentang suhu ruangan. Sekalipun ruangan pengap, anda tetap akan melanjutkan bermain game dan baru menyadari kalau anda pusing atau mengantuk karena kekurangan oksigen setelah selesai bermain.Menurut opini para pakar kesehatan, sirkulasi udara yang baik sangat penting.

4. Telinga
Pemain game online biasanya lebih senang bermain dengan menggunakan headset. Karena dengan memakai headset, suara yang didengar lebih tajam dan tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar anda. Tetapi perlu diingat, telinga memiliki batas toleransi terhadap suara-suara yang didengar. Ketika menggunakan headset dan volume suara tinggi, bisa menyebabkan masalah pada gendang telinga. Belum lagi dalam sebuah permainan terkadang distorsi suara dijadikan sebagai efek suara. Ini bisa menyebabkan kerusakan pada telinga, juga pada otak. Jadi penggunaan headset hanya baik jika volume suara sedang. Memang volume yang rendah akan mengurangi kenikmatan dalam bermain game, tetapi itu lebih aman.

5. Jantung
Pengaruh main game online terhadap jantung bisa menimpa orang-orang yang lemah terhadap kejutan, yang lazimnya ditampilkan dalam game-game yang bertema horor. Bagi anda yang lemah jantung hindari main game yang bertema horor.Duduk terus menerus juga akan mengakibatkan jantung anda kurang terlatih karena tidak ada kegiatan fisik yang anda lakukan.


Dan berikut sedikit contoh tentang penyakit yang diakibatkan bermain terus menerus:
Osteoporosis
Terlalu lama bermain game menyebabkan aktivitas tubuh menurun. Ini bisa menyebabkan osteoporosis, atau kerapuhan tulang. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang sudah tua karena tulangnya kekurangan kalsium. Tetapi di era modern ini, orang yang mengalami osteoporosis di usia muda sudah banyak. Perhatikan bahwa pola makan yang tidak teratur, dan kurang aktivitas, menjadi penyebab utama.

 Wasir
Jika terlalu lama duduk, dan anda kurang minum air, anda akan berisiko untuk mengalami bawasir. Jadi sebelum terlambat, posisikan tubuh anda dengan posisi yang nyaman saat bermain game. Persiapkan alas duduk yang empuk dan hindari alas duduk yang kasar. Dan dari waktu ke waktu gerakkan otot pinggul agar tidak kaku. Selain itu minum banyak air saat duduk lama di depan komputer.

 Obesitas
Makan merupakan aktivitas yang paling menyenangkan saat bermain game. Akan tetapi jika terlalu banyak makan, dan sudah menjadi kebiasaan, obesitas adalah risikonya. Untuk menghindari ini, hindari minuman dan makanan dengan kandungan MSG tinggi. Untuk lebih amannya, jangan makan terlalu banyak saat bermain game. Tetapi jika sulit dihindari, lebih baik mengganti makanan dengan buah-buahan.Namun hal ini dirasa masih juga cukup sulit,terutama jika bermain di persewaan/warnet karena biasanya makanan yang di sediakan adalah makanan yang mudah dibuat/instan..

 Sindrom Carpal Tunnel
Bermain game online paling banyak menggunakan “mouse” dan memberikan tumpuan yang lama pada pergelangan tangan. Akibatnya saraf medianus bisa tertekan dan mengakibatkan sindrom Carpal Tunnel. Jika anda sering merasakan sakit pada pergelangan tangan, tidak kuat menggenggam, atau “mati rasa”, misalnya benda sering terlepas tanpa disadari dari genggaman, maka anda telah mengalami gejala sindrom carpal tunnell dan jika dibiarkan tidak diobati akibat terburuknya adalah kelumpuhan total dan amputasi tangan.


Solusi yang dianjurkan untuk orang tua:
-Lebih kontrol perkembangan anak dan lingkungan mereka,jangan sampai anda lalai dan anak anda terjerumus..
-Tanamkan tanggung jawab yang lebih pada mereka,beri tahu resiko-resikonya tapi jangan melarang mereka untuk bermain..
-Kontrol waktu mereka,batasi jangan lebih dari 2 jam di hari sekolah tapi berikan cukup kebebasan di hari libur..
-Jangan terlalu overposesif karena anak-anak bisa lebih berani untuk mencuri-curi waktu
-Mengertilah soal game online agar anda sendiri bisa mengerti dunia anak anda..
-Pasang internet sendiri,install sendiri gamenya agar anda lebih mudah mengontrol anak karena di warnet pun tidak jarang ada tindakan kriminal seperti pencurian dan pemerasan...
-Berikan padanya kegiatan kreativitas yang lain seperti olahraga atau musik. 

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds.